model-model gitar dan bass


Demo gitar dan bass di booth PRS

PRS : bass gitar

PRS Guitar
Salah satu gitar paling “indah” (mau ngomong apa lagi? kekurangan adjective) di seluruh pameran sudah pasti : PRS. Banyak pengunjung booth-booth PRS yang geleng-geleng kepala kagum melihat finish dan desain PRS. Bila sekali-kali PRS ada diskon khusus selama pameran dan gitar-gitar yang dipajang boleh dijual, mungkin sudah habis semua gitar-gitar. Karena kebanyakan gitar yang terlalu bagus dan di melodiamusik.com tahun lalu sudah banyak memuat foto-foto PRS, cek saja ke prsguitars.com untuk melihat sebagian kecil koleksi terbaru PRS guitar.

PRS juga membuat bass gitar yang sangat asyik, sayangnya harganya masih mahal. Yang perlu dicatat dan mungkin relevan buat gitaris-gitaris Indonesia karena harganya terjangkau buat sebagian besar gitaris adalah model-model baru PRS SE

Sebenarnya yang mendorong pembuatan PRS SE sendiri ini bukan dari Mr. Paul Reed Smith tapi dari Carlos Santana. Carlos, seperti kita ketahui, sangat identik dengan PRS sejak awal karirnya. Beberapa tahun lalu Carlos mendesak Paul (pendiri PRS) “Paul, can you make really good instruments that people can afford?” Maka lahirlah PRS SE yang relatif adalah gitar baru di Amerika yang cepat popular. (FYI, saat ini dealer-dealer PRS di Amerika perlu waktu 4-6 bulan untuk pesan PRS SE dari PRS)

Model-model terbaru PRS SE adalah SE standard dengan classy finish, SE Soapbar II Maple, SE Custom dan SE Singlecut Maple dengan top wood maple yang bagus. 3 model terakhir ini makin mirip tampilannya dengan gitar PRS yang hi end karena mirip dengan flame maple top di gitar- gitar mahal PRS. Dan jangan lupa, anda dapat meng-upgrade pickup PRS SE dengan pick up-pick up PRS USA sehingga tone PRS SE anda makin mirip dengan tone gitar PRS yang harganya 20 jutaan.

Parker Guitar

RKS Original Hollowbody Gold Rush

RKS Hollowbody in Bombay Shappire Finish

RKS Original Hollow bodies

RKS Original Solidbodies

Solid body bass RKS

RKS Guitar

Sebelum kita lihat gitar-gitar/bass-bas gila-gilaan, ada gitar terbaru yang sangat revolusioner yaitu merk RKS yang sepintar berbunyi seperti PRS.

Sejak jaman tahun 1960-70 an, bentuk gitar tidak pernah berubah. Mungkin karena gitaris-gitaris banyak yang sangat orthodox/strong-minded ga mau nyoba hal-hal yang baru (come on! Admit it guys!) bila dibanding dengan pemain bass atau drummer atau mungkin juga bagi gitaris-gitaris, memang model-model yang popular adalah yang paling enak dimainkan.

Bila dipikir jujur, sejak tahun 1970 an, gitar “baru” yang hampir masuk ke pasar mainstream dan populer hanya Steinberger dan Parker Guitar. Tentu dari belasan tahun lalu ada gitar dari bahan aluminium, besi, bentuk bundar kotak, dan seterusnya. Tetapi tidak ada yang bisa bertahan. Steinberger sendiri sudah bangkrut dan baru akhir-baru ini saja berusaha dihidupkan oleh Gibson lewat MusicYo dan itupun belum berhasil kembali seperti dulu.

Kini ada gitar baru yang juga revolusioner dan di Melodia, kita percaya gitar ini akan mempunyai peminat-peminat tersendiri karena desainnya yang bagus. RKS sendiri adalah kependekan dari nama-nama ownernya, salah satunya Ravi Sawhney. Sebagian besar dari kita mungkin belum pernah melihat gitar-gitar ini di majalah Gitar, tapi bila anda baca majalah Popular Science dan Businessweek, gitar RKS ini sudah beberapa kali ditampilkan dan di majalah BusinessWeek malah menjadi cover untuk best design edisi beberapa bulan yang lalu.

Check out this RKS Original Hollowbody Gold Rush, harga list US$10,000, terjual di NAMM Show dengan harga $7,500-an. Lalu gitar berikutnya, juga Hollowbody in Bombay Shappire Finish, harganya hampir sama dengan sebelumnya. Gitar ini juga sudah terjual di pameran. Edan ya!

Tenang, tenang. Sebelum anda pikir yang nulis ini gila juga, yang akan masuk ke Melodia pertama kali adalah gitar-gitar RKS dengan harga yg lebih terjangkau seperti: RKS Original Hollow bodies dan Solidbodies yang normal-normal saja. Harga mulai Rp 10 juta ke atas.

RKS juga membuat solid body bass, harga mulai Rp. 10 juta ke atas. Desainnya tidak mempunyai rusuk-rusuk besi untuk resonance seperti model gitar hollowbodies tetapi bassnya sama dengan gitar RKS solidbodies: core/center yang terbuat dari kayu hard maple dan alder terbaik yang dipilih secara manual dan dibuat dengan mesin CNC dengan presisi yang sangat tinggi. Core yang sudah selesai ini lalu direkatkan ke solid wood body shell.

Ini sudah konsep yang baru tetapi yang paling revolusioner tentu adalah model Hollowbodies yang mempunyai rusuk-rusuk besi untuk renonansi ke body wingsnya. Tidak usah diceritakan banyak-banyak di sini ntar tidak seru. Cek saja ke rksguitars.com untuk tahu keistimewaan gitar-gitar RKS ini.

Kabar baiknya adalah RKS akan mengeluarkan model The Wave pada bulan April dengan harga list US$ 900, perkiraan harga di Indonesia sekitar
Rp. 7 atau 7.5 juta dengan hardcase. Semua RKS guitar dan bass adalah buatan USA. FYI, RKS adalah satu-satunya guitar company yang menggunakan software desain yang sama untuk desain mobil sport.

Ritter Bass dari Jerman

Custom Bass dari Jerzy Drozd

10-string bass hollowbody dari Jerzy

Lakland USA series

Custom Guitar Carvin

Custom-custom Guitar dan Bass

Juara pertama untuk Custom Bass yang paling cepat laku sama seperti tahun lalu adalah: Ritter Bass dari Jerman. Tahun lalu, hari ke 2 (total pameran 4 hari) semua bass sudah terjual. Tahun ini sebelum pameran, semua sudah laku 1 bulan sebelumnya, tinggal bass gold plated untuk peringatan anniversary saja yang ditahan. Bagi yang belum tahu, harga bass Ritter mulai Rp. 30 juta ke atas untuk yang paling murah. Ugal-ugalanya, bila orang pameran sibuk jaga stand, si Jens Ritter (owner dan builder dari Ritter bass) malah keluyuran melihat-lihat dan standnya ditutup saja.

Hebatnya sih Jens, di NAMM sendiri ada lusinan pembuat hi end bass. Contoh seperti luthier bass yang baru Jerzy Drozd. Lihat Fingerboard dari bass Jerzy ini, seperti melted terbuat dari bahan. Salah satu pelopor dari teknik ini tentu adalah pembuat bass hi end dari US Bill Conklin.

Okay, bass berikutnya ini mungkin membuat anda tergeleng-geleng, pegangan dulu dah. Check out 10-string bass hollowbody dari Jerzy. Harga seperti biasa ribuan US$. Bill Conklin juga membuat bass hollow body 12 snar tahun lalu. Di Amerika, ada saja yang beli bass-bass kaya gini. Hopefully, di Indonesia, honor pemain bass makin naik ya?

Bagi yang ingin bass asyik dengan harga normal-normal saja, bisa melirik Lakland bass terutama yang Skyline series, seri ini makin populer karena harganya yang kurang dari separuh dari Lakland USA series (US$ 2.000 ke atas). Lakland sendiri adalah perusahaan bass kecil tapi mempunyai endorser-endorser kelas berat seperti Daryl Jones (pemain bass top, main juga dengan Rolling Stone) dan bassist veteran Joe Osborne.

Okay, untuk bass custom termurah dan buatan USA, pilihan anda hanya ada di Carvin. Anda ingin exotic wood tops, ingin core maple dan walnut 5 lapis? No problem, harga mungkin masih sekitar Rp. 10 juta lebih. Sudah ga mungkin ada lagi di USA, bass atau gitar custom dengan harga seperti Carvin. Sampai gimana sih bisa customnya bass atau gitar Carvin, cek contoh gitar ini. Lihat saja contoh Fingerboard, Fingerboard inlay, exotic wood top dalam berbagai contoh warna.

Dean Guitar : tribute to Dimebag Darrel

Dean Guitar : tribute to Dimebag Darrel (2)

Dean booth

Model gitar utk. cewek: Luna Guitar

ESP guitar

Dean booth : Michael Schenker-Scorpion.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: