karakter gitar

Yang lebih penting dibandingkan teknik, tone ampli, bahkan model rambutmu adalah tipe gitar yang kamu pakai. Gitaris yang permainannya amburadul bisa lolos dari cercaan bila dia memiliki sebuah instrument yang menjadi dambaan para gitaris. Logikanya seperti ini; bila kamu melihat seseorang memainkan sebuah gitar yang harganya lebih mahal ketimbang harga rumahmu, kamu akan cenderung berpikir bahwa dia tak akan mengeluatkan uang sebanyak itu kecuali bila dia bisa menghasilkan yang terbaik dengan alat itu.
Tentu saja seringkali berarti bahwa mereka memiliki banyak uang daripada kaum. Namun akuilah, ketika kamu melihat sekilas gitar itu tergelaetak dalam hard case-nya, kamu tentu berpikir bahwa pemiliknya adalah pemain yang lebih baik dibandingkan dirimu, kan?
Berikut ini adalah daftar gitar untuk kamu pertimbangkan bila kamu ingin memperoleh penghargaan tinggi dalam komunitas rock. Penggunaan jargon tentu saja dimaksimalkan untuk memudahkanmu.

GIBSON LES PAUL
Data umum:
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1952 (model Gold Top). Didesain oleh gitaris yang namanya terpampang pada gitar tersebut. Humbucker menggantikan pickup koil tunggal pada tahun 1957. memiliki berbagai tipe (Les Paul Junior, Les Paul Special, Les Paul Deluxe,dll). Namun yang paling terkenal adalah Standard dan Custom.
Nama-nama Tenar:
Garry Moore, Jimmy Paige, Paul kossof, Joe Perry, Slash, james Dean Bradfield.

Desain:
Solid body (awalnya terbuat dari mahoni) dengan bagian atas yang melengkung, dua humbucker pickup dengan tiga saklar selektor. Dua volume dan dua pengontrol tone.
Sound:
Les Paul ingin gitar ini memilki sustain 20 detik (itu sebabnya mahoni yang dipilih), dan ini adalah karakteristik utamanya yang paling tersohor. Kombinasi konstruksi yang padat dan pickup dengan output tinggi membuatnya cocok untuk sound yang memiliki gain tinggi berdistorsi panjang (kecenderungan rock-blues para gitaris yang disebutkabn diatas). Kata sifat yang khas mencakup singing (bernyanyi), ringing (berdering), stinging (menyengat), swinging (nge-swing, hanya untuk para jazzer), gunslinging (piawai menggunakan ‘senjata’ hanya untuk para dewa gitar).
Fakta yang perlu diketahui:
Beberapa Les paul meiliki cutaway ganda dan bagian atas yang rata (flat top) – model ini disebut ‘SG – Style’. Namun umunya nama Les Paul digunakan oleh para pemain untuk menggambarkan gitar yang bagian atasnya melengkung (arch-top), dengan cutaway tunggal.
Opini Instan:
Lancarkan bualan apa saja tentang sustain, misalnya: “Sustain Les Paul tuaku benar luar biasa, namun itu karena aku mendapatnya dari orang yang kenal pengantar susu yang biasa ngirim susu ke rumah Clapton tahun ‘64”.
Kritik yang bisa diterima:
Gantungkan gitar mahoni padat (solid) dengan strap pada pundakmu untuk konser selama dua jam, lalu pakai gitarmu sendiri….

FENDER STRATOCASTER
Data Umum:
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954. sejak saat itu desainnya tak berubah. Beberapa model diproduksi di Jepang mulai awal tahun 1990-an, dengan merk Squier. Strat sekarang dibuat di negara-negara berikut (disusun berdasarkan harga dan kualitas tertinggi sampai terendah): Amerika Serikat, Jepang, Korea, Meksiko, dan Cina. Secara tekni pickup ber output rendah dan fret-nya yang tinggi membuatnya tak sesuai untuk musik rock, namun banyak sekali pemain yang berusaha dan hasilnya tak mengecewakan.
Nama-nama tenar:
Jimi Hendrix, Ritchie Blackmore, The Edge, Jeff Beck, Crispian Mills, Eric Clapton, George Harrison, David Gilmour.
Desain:
Tiga pickup dengan koil tunggal, cutaway ganda, solid body. Floating bridge vibrato unit (namun untuk whammy-bar gila-gilaan yang serius kamu butuh sebuah unit pengunci).
Sound:
Umumnya lebih cerah dibandingkan gitar-gitar rock lainnya karena pickup koil tunggalnya. Kata sifat yang menempel pada gitar ini mencakup sparkling (berkilau), glassy (bening), sharp (tajam), honking (keras menghentak), bell-like (seperti bel), squealing (melengking), crisp (garing).
Fakta yang perlu diketahui:
Scratchplate satu lapis digantikan oleh versi tiga lapis berwarna putih/hitam/putih pada tahun 1959. mengesankan pengguna Strat lainnya adalah karena scratchplate lapis tunggal mereka (amat umum untuk versi kopiannya) “didasakan pada tahun ‘57”.
Opini instan:
“squier Jepang awal tahun 80-an pada kenyatannya lebih baik ketimbang Stat Amerika saat itu”. (berlaku untuk beberapa kasus, tapi pernyataan yang terlalu mengeneralisasir seperti ini tak cukup untuk bisa meyakinkan semua orang).
Kritik yang bisa diterima:
Tiruan yang lebih murah cenderung mudah terpengaruh oleh feedback mikrofon, dan sebagian besar Strat memunculkan dengungan kecuali kamu membeli pickuo pengganti.

FENDER TELECASTER
Data Umum:
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1948 sebagai ‘Broadcaster’ namun diubah karena perusahaan Gretsch telah mebuat drum dengan nama yang sama. Belakangan berbagai pilihan sudah tersedia, termasuk dengan humbucking pickup, semi-solid body, dan bahkan dengan fernis paisley, namun Tele klasik yang kita tahu dan cintai sekarang ini nyaris persis sama dengan yang diproduksi 50 tahun yang lalu.
Nama-nama tenar:
Keith Richards, Bruce Springsteen, Chrissie Hynde, Graham Coxon.
Desain:
Dua pickup berkoil tunggal, sakelar tiga fungsi, satu volume, satu tone. Tanpa tremolo block. Tanpa switching yang kompleks. Tanpa kontur yang aneh-aneh. Sebuah Tele pada dasarnya adalah sebuah papan berdawai.
Sound:
Sedikit lebih ‘gemuk’ dibandingkan Strat namun tone-nya tak sebulat Les Paul. Bila disambungkan dengan ampli/efek yang tepat, bridge pickupnya dapat menghasilkan sebuah sound ‘menggeram’ yang tak bisa ditiru oleh gitar lain. Kata sifatnya mencakup cutting (tajam), gutsy (berani), dan biting (menusuk). Kamu pasti mengerti.
Fakta yang perlu diketahui:
Ada gitar Fender yang disebut Esquire yang pada dasarnya adalah sebuah Tele dengan bridge pickup saja (lebih murah dan lagi pula sebagian besar rock jarang yang menggunakan neck pickup). Namun karena alasan tertentu, orang-orang masih lebih menyukai Tele…
Opini Instan:
“sebuah instrument yang solid, fungsional, seperti Sten gun…” (Keith Richards)
Kritik yang bisa diterima:
Hanya memiliki 21 fret, jadi bila kamu ingin memainkan acrobat metal pada ujung neck, kamu jelas salah pilih gitar….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: